BERITA,  KETUA I,  PROGRAM KERJA

CIVIL COURSE #2 : PELATIHAN AUTOCAD

Civil Course merupakan salah satu program kerja dari Departemen Diklat Profesi dan Keilmuan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anggota HMS FT-UH terkait dengan pengoperasian aplikasi ketekniksipilan.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dewasa ini menuntut segenap Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal ini mahasiswa teknik sipil agar memiliki kompetensi dalam penguasaan software ketekniksipilan. Komputerisasi dalam dunia konstruksi bukan hal baru lagi mengingat setiap perencanaan dan pelaksanaan konstruksi tidak dapat dilepaskan dari pemanfaatan komputer sebagai katalisator pada suatu proyek.

Salah satu aplikasi ketekniksipilan yang penting untuk dikuasai adalah AutoCAD. AutoCAD merupakan sebuah program yang biasa digunakan untuk tujuan tertentu dalam menggambar serta merancang dengan bantuan komputer dalam pembentukan model serta ukuran dua dan tiga dimensi atau lebih dikenal sebagai ā€œComputer-aided drafting and design programā€ (CAD). AutoCAD dikeluarkan oleh Autodesk, Inc, sebuah perusahaan perangkat lunak raksasa Amerika yang mengkhususkan diri membuat program-program komputer grafis. AutoCAD telah menjadi suatu program yang paling banyak yang digunakan. AutoCAD sangat universal sehingga digunakan hampir di seluruh bidang rekayasa (engineering) yang memanfaatkan keunggulan CAD untuk menunjang pekerjaan mereka. Kemampuan AutoCAD untuk beradaptasi dengan kebutuhan spesifik dari suatu bidang tertentu merupakan salah satu keunggulan yang belum dimiliki oleh program CAD sejenis.

Kegiatan Civil Course II mengangkat topik Pelatihan AutoCAD yang dibawakan oleh Kanda Fadli Asnur Febrianto (Cā€™17) didampingi oleh Saudara Muhammad Agung Budiman (Cā€™19) selaku moderator. Pada kegiatan ini, kanda pemateri menjelaskan mengenai bagaimana cara dan prosedur menggambar potongan rumah, tampak, dan detail-detail pada gambar kerja. Pemberian materi dengan metode yang informatif dan tidak membosankan sehingga sangat mudah dipahami oleh peserta, termasuk penjelasan terkait spesifikasi rumah yang sesuai SNI dan cara membaca gambar kerja dengan baik. Sebagai orang yang telah memiliki banyak pengalaman di lapangan, kegiatan ini berjalan dengan sangat interaktif dengan adanya pertanyaan dari peserta yang langsung dijawab dengan tangkas oleh kanda pemateri.

Civil Course: Pelatihan AuoCAD #2 diselenggarakan secara daring pada Sabtu, 13 Februari 2021 pukul 14.00 via aplikasi Zoom Meeting dengan peserta sebanyak kurang lebih 117 orang. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mewadahi anggota HMS FT-UH dalam pembelajaran aplikasi ketekniksipilan demi mewujudkan calon-calon teknokrat muda berkompeten di masa mendatang.  

Komentar Dinonaktifkan pada CIVIL COURSE #2 : PELATIHAN AUTOCAD