ARTIKEL,  BERITA,  JOB DESC,  KETUA II

KAJIAN MUSLIM DAN KAJIAN MUSLIMAH

Kajian Muslim merupakan salah satu  jobdesk dari Departemen Kerohanian BE HMS FT-UH. Kegiatan di bertujuan untuk mewadahi seluruh anggota HMS FT-UH yang beragama Islam dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sejak masuknya virus corona di Indonesia membuat hampir seluruh sendi kehidupan di seantero negeri seakan berhenti sejenak. Islam hadir bukan hanya sebagai agama yang bersifat ritual terhadap penganutnya akan tetapi Islam hadir menjadi Rahmatan Lil Alamin, seluruh sendi kehidupan sudah memiliki jalur solusi yang Allah Subhana wa ta’ala sampaikan dalam Al-Qur’an  dan Rasul-Nya dalam Hadist beliau.

Dalam sejarah Islam, pada masa kepemimpinan Umar Bin Khattab pernah terjadi suatu wabah penyakit yaitu wabah tha’un di negeri Syam atau kini Palestina. Dua sahabat Rasulullah yang pada saat itu mensyiarkan agama Allah ikut menjadi korban atas wabah tersebut. Mengenai peristiwa tersebut Rasulullah jauh sebelumnya telah berpesan kepada Umat dalam sabdanya : “Jika kalian mendengar tentang wabah (tha’un) di suatu negeri, maka janganlah kamu memasuki negeri itu. Apabila kalian berada di negeri yang terjangkit wabah itu, maka janganlah kalian keluar darinya karena hendak melarikan diri darinya.” (Riwayat Muslim). Implikasi dari hadist tersebut ialah agar orang-orang yang berada dalam daerah terpapar penyakit tidak menularkan kepada mereka yang diluar wilayahnya, begitupun sebaliknya agar orang-orang yang diluar wilayah terpapar tidak memasuki wilayah terpapar, yang demikian lebih baik untuk keselamatan Umat Islam bersama.

Kajian Muslim telah dilaksanakan dengan tema “Petunjuk-petunjuk Al-Qur’an dalam Menghadapi Wabah Penyakit” yang dilaksanakan  pada tanggal 16 April 2020 Pukul 19.45 WITA via Zoom yang dibawakan oleh Al Ustadz Thalib Hamdjah dan dipandu oleh Moderator saudara Yusril Ramadhan.

 

#####SELAMAT MEMBACA#####

 

Kajian Muslimah merupakan salah satu jobdesk dari Departemen Kerohanian BE HMS FT-UH. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Ramadhan merupakan sebuah momentum terbaik untuk meningkatkan iman dan takwa serta mendekatkan diri kepada sang Pencipta, Allah SWT. Banyak keistimewaan yang hanya dimiliki oleh bulan ini, bulan dimana setiap amalan akan dilipat gandakan. Setiap Muslim menantikan kehadiran bulan yang penuh berkah dan kaya akan pengampunan ini. Oleh karena itu, perlu diketahui setiap keistimewaan dan hal-hal yang perlu disiapkan untuk memanfaatkan momentum ini sebaik mungkin meskipun di tengah pandemi COVID-19 ini.

Kegiatan Kajian Muslimah dengan tema “Siapkan Diri tuk Menyambut Ramadhan ditengah Pandemi” yang dilaksanakan pada tanggal 20 April 2020 pukul 20.00 WITA via Zoom yang dibawakan oleh Kanda Rezki Amaliah (Anggota Departemen Kerohanian HMS FT-UH periode 2016/2017).

Adapun materi dari kajian muslimah dapat di akses melalui link berikut : https://drive.google.com/open?id=1gDf06eNrh0Kw2F8FHGv__6IPVuSTCyk2

Komentar Dinonaktifkan pada KAJIAN MUSLIM DAN KAJIAN MUSLIMAH