BERITA,  JOB DESC,  KETUA II

KAJIAN MUSLIM #1

 

Kajian Muslim adalah salah satu jobdesk dari Departemen Kerohanian yang bertujuan untuk mewadahi seluruh anggota HMS FT-UH yang beragama Islam khususnya muslim dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dunia merupakan tempat persinggahan bagi semua umat, dengan tujuan mempersiapkan bekal menghadapi kehidupan yang kekal yaitu akhirat. Namun tak bisa dipungkiri semakin bertambahnya hari semakin bertambah pula umat manusia yang cinta akan dunia. Terlalu mengejar dunia tanpa memperhatikan kewajibannya hidup di dunia. Padahal Allah SWT. telah berfirman yang artinya:

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzariyat : 56).

Dan begitulah seharusnya seorang muslim dalam menanggapi kehidupan dunia. Bukan tentang siapa yang paling berharta, tapi tentang siapa yang paling siap akan kematiannya. Sebagaimana hadits Rasulullah ﷺ yang artinya :

“Dari Ibnu Umar Radiyallahu’anhuma ia berkata: Rasulullah ﷺ memegang kedua pundakku dan bersabda: “Hiduplah di dunia ini seakan-akan kamu orang asing atau orang yang sedang melintasi jalan.” Ibnu Umar Radiyallahu’anhuma berkata, “Jika engkau memasuki waktu sore, maka jangan menunggu waktu pagi. Dan jika engkau memasuki waktu pagi, maka jangan menunggu waktu sore. Ambillah kesempatan dari masa sehatmu untuk menghadapi masa sakitmu, dan dari hidupmu untuk menghadapi kematianmu.” (HR. Bukhari).

Yang perlu kita pahami bersama bahwa, dunia bagaikan air laut, semakin kita minum maka semakin bertambah hauslah kita. Tidak akan ada kepuasan di dunia ini.

Kajian Muslim telah dilaksanakan dengan tema “Cita-Cita Akhirat di Tahun 2021” yang dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2021 Pukul 11:00 WITA dibawakan oleh Ustadz Ridham Rustaman, S.Pd dan dipandu oleh Moderator saudara Adrian.

 

Komentar Dinonaktifkan pada KAJIAN MUSLIM #1