BERITA

Sharing Session “Building Information Modelling (BIM): Digitalisasi Karakteristik Fisik dan Fungsi Suatu Konstruksi”

Dinamika perkembangan teknologi dan informasi yang kini semakin pesat mengantarkan dunia konstruksi pada era digital dan perlahan meninggalkan era konvensional. Pemanfaatan teknologi di segala bidang memudahkan banyak tugas dan pekerjaan manusia, termasuk pada bidang konstruksi. Building Information Modelling (BIM) merupakan salah satu metode inovatif dalam melakukan akselerasi pembangunan infrastruktur dengan efektif dan efisien. BIM merupakan seperangkat teknologi yang seluruh prosesnya berjalan secara terintegrasi dalam sebuah model digital yang kemudian diterjemahkan ke dalam gambar tiga dimensi. Ruang lingkup BIM mendukung desain proyek, jadwal, dan informasi-informasi lainnya mengenai suatu konstruksi dengan baik.

Berangkat dari hal tersebut, Badan Eksekutif Himpunan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin melalui Departemen Diklat Profesi dan Keilmuan mengadakan kegiatan Sharing Session” dalam upaya menunaikan tugas dan peran HMS FT-UH sebagai lembaga kemahasiswaan dalam rangka melahirkan kader-kader yang unggul dan intelek.

 

Kegiatan Sharing Session mengangkat topik Building Information Modelling (BIM): Digitalisasi Karakteristik Fisik dan Fungsi Suatu Konstruksi yang dibawakan oleh Kanda Mirza Fadlullah, S.T. (Civil Engineer PT Malea Energy). Pada saat kegiatan berlangsung, kanda pemateri memberikan penjelasan yang menarik dan informatif mengenai apa itu BIM dan bagaimana penggunaannya di era konstruksi dewasa ini. Lebih lanjut, pemateri juga memberikan beberapa perbandingan dari aplikasi-aplikasi yang terintegrasi dalam BIM dari segi efetivitasnya masing-masing. Kegiatan ini berlangsung sangat interaktif dengan adanya pertanyaan-pertanyaan dari peserta kegiatan dan beberapa pengalaman di lapangan yang disampaikan oleh pemateri.

Sharing Session diselenggarakan secara daring pada Selasa, 23 Februari 2021 pukul 20.00 WITA melalui aplikasi Zoom. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mewadahi anggota HMS FT-UH dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ketekniksipilan demi mewujudkan calon-calon teknokrat muda berkompeten di masa mendatang.

Komentar Dinonaktifkan pada Sharing Session “Building Information Modelling (BIM): Digitalisasi Karakteristik Fisik dan Fungsi Suatu Konstruksi”