BERITA

ZEMI BERSAMA: Enhancing Knowledge and Sharing Collaboration: The Role of Being Civil Engineering

ZEMI BERSAMA: Enhancing Knowledge and Sharing

Collaboration: The Role of Being Civil Engineering.”

Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat merupakan tiga hal yang termuat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penelitian merupakan salah satu hal yang penting bagi mahasiswa untuk memperdalam dan memberikan kontribusi nyata dalam perkembangan ilmu pengetahuan di bidang keilmuannya. Namun sampai saat ini, penelitian masih jarang diminati oleh mahasiswa kecuali untuk mereka yang sudah berada di tingkat akhir masa studi dan harus menyusun tugas akhir sebagai syarat kelulusan. Didukung dengan arus globalisasi yang kian hari kian pesat, maka setiap orang di seluruh dunia mampu terhubung satu dengan yang lain tanpa dibatasi ruang dan waktu sehingga kolaborasi penelitian di antara mahasiswa menjadi suatu keniscayaan.

 

Berangkat dari hal tersebut, Badan Eksekutif Himpunan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin melalui Departemen Diklat Profesi dan Keilmuan mengadakan kegiatan Zemi Bersama (ZEBRA) dalam upaya menunaikan tugas dan peran HMS FT-UH sebagai lembaga kemahasiswaan dalam rangka melahirkan kader-kader yang unggul dan intelek.

 

Zemi Bersama (ZEBRA) dengan tema “Enhancing Knowledge Sharing and Research Collaboration: The Role of Being Civil Engineer.” diselenggarakan pada hari Jumat, 5 Maret 2021 pukul 09.30 WITA secara daring melalui aplikasi Zoom. Kegiatan ini dibuka dengan menyanyikan mars sipil, sambutan Ketua Umum BE HMS FT-UH Periode 2020/2021, dan dibuka secara resmi oleh Ketua Departemen Teknik Sipil FT-UH yang diwakili oleh Bapak Dr. Eng, Ir. Muhammad Isran Ramli, S.T., M.T. selaku Sekretaris Departemen.

 

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi dimana pada setiap sesi terdapat tiga pembicara dari tiga perguruan tinggi berbeda yang akan mempresentasikan risetnya. Sesi pemaparan materi dan sesi diskusi dipandu oleh Saudara Yusril Ramadhan (C’18) selaku moderator. Pada sesi pertama, materi dibawakan oleh Saudara Andika Monanta Emilidardi (UGM) dengan tema “Shear Panel Damper Sebagai Sistem Peredam Gempa Struktur Jembatan Berbiaya Murah”; Saudara Teguh Priono (UNHAS) dengan tema “Perilaku Mekanik dan Ketahanan Beton Berbahan Pasir Slag Nikel dan Fly Ash”; dan Saudari Pradyta Galuh (IPB) dengan tema “Pengaruh Dissolved Organic Carbon (DOC) pada Efektivitas Perbaikan Tanah Gambut dengan Metode Calcite Precipitation.” Kemudian dilanjutkan pada sesi kedua, materi dibawakan oleh Saudara Amanda Gultom (UGM) dengan tema “Perancangan Ulang Rumah Instan Struktur Baja Menggunakan Profil Pipa Untuk Berbagai Wilayah Zona Rawan Gempa”; Saudari Febrika Rahmania Nurul (UNHAS) dengan tema “Kuat Tekan Mortar Berbahan Terak Nikel Granulasi Sebagai Pengganti Pasir”; dan Saudara Akbar Renaldi Loebis (IPB) dengan tema “Efektivitas Calcite Precipitation dengan Biocatalyst Bubuk Kedelai Sebagia Meode Biogrouting pada tanah Terlikuifaksi.”

 

Kegiatan ini berjalan dengan baik dan interaktif dengan adanya beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta kepada setiap pemateri. Sesi diskusi pada kegiatan ini sangat penting dalam memperluas cakrawala berpikir para peserta terkait riset yang sedang/telah dilakukan oleh setiap pemateri.

 

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mewadahi anggota HMS FT-UH dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ketekniksipilan demi mewujudkan calon-calon teknokrat muda berkompeten di masa mendatang.  

Sambutan Ketua Umum BE HMS FT-UH

Sambutan Kepala Departemen Teknik Sipil FT-UH yang Diwakili oleh Sekretaris Departemen Teknik Sipil FT-UH

Pembukaan Acara Inti oleh Moderator

Pemaparan Materi oleh Saudara Andika Monanta Emilidardi (Universitas Gadjah Mada)

Pemaparan Materi oleh Saudara Teguh Priono (Universitas Hasanuddin)

Pemaparan Materi oleh Saudari Pradyta Galuh (Institut Pertanian Bogor)

Sesi Tanya Jawab #1

Pemaparan Materi oleh Saudara Amando Gultom (Universitas Gadjah Mada)

Pemaparan Materi oleh Saudari Febrika Rahmania Nurul (Universitas Hasanuddin)

Pemaparan Materi oleh Saudara Akbar Renaldi Loebis (Institut Pertanian Bogor)

Sesi Tanya Jawab #2

 

Komentar Dinonaktifkan pada ZEMI BERSAMA: Enhancing Knowledge and Sharing Collaboration: The Role of Being Civil Engineering