BERITA

KELAS KEWIRAUSAHAAN

“Ide Kreatif dan Inovatif Kewirausahaan”

Kelas kewirausahaan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Maret 2021 yang dibawakan oleh Muh. Saleh R, SE, M.Si yang merupakan konsultan PLUT KUMKM Sulawesi Selatan.

Kewirausahaan merupakan sebuah proses dimana orang-orang berpikir untuk mengejar berbagai peluang, memenuhi kebutuhan & keinginan dengan berdasar pada sumber daya yang memiliki saat ini. Inti dari kewirausahaan adalah menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (creative new and different) melalui berpikir kreatif dan inovatif. Jurus awal memulai berwirausaha adalah bernai memulai, berani menanggung resiko, penuh perhitungan, memulai rencana bisnis, tidak cepat puas dan putus asa, optimis dan penuh keyakinan, memiliki tanggung jawab, serta memiliki etika dan moral. Untuk unsur-unsur utama dalam berwirausaha yaitu modal yang bisa didapatkan dari bisnis operasi dana orang lain, bisnis operasi tenaga orang lain, bisnis operasi sistem orang lain, bisnis operasi pikiran orang lain, serta bisnis operasi tenaga dan tempat orang lain; lokasi yang mudah dikunjungi, mudah dihubungi, dan mudah dicari; memikirkan kepuasan pelanggan; dan rekan/mitra bisnis yang dapat dipercaya, setia dan jujur.

Ide dapat digeneralisasikan secara internal melalui perubahan cara/metode yang lebih baik dalam memuaskan pelanggan. Dimana dalam kasus lain ide dapat dihasilkan dalam bentuk produk dan jasa ataupun dalam bentuk modifikasi pekerjaan atau cara melakukan perkerjaan. Dalam berwirausaha diperlukan langkah taktis dalam penjaringan suratu ide yang akan diangkat atau diterapkan nantinya. Langkah penjaringan ide dalam berwirausaha yaitu menciptakan produk baru dan berbeda, engamati pintu peluang, analisis produk dan proses produksi, menaksir biaya awal, serta menghitung resiko yang akan terjadi. Wirausaha kreatif memiliki wajib sifat kemandirian, menyukai tantangan, memulai dengan cara baru, melihat peluang usaha, serta memiliki rencana.

Dalam berwirausaha tentu tidak terlepas dari yang namanya kegagalan. Penyebab utama kegagalan dalam menangkap peluang usaha adalah kurang bijaksana, kurang disiplin, kurang bermutu, kurang tanggung jawab, kurang teliti, kurang serius, kurang jujur, dan kurang beriman.

Komentar Dinonaktifkan pada KELAS KEWIRAUSAHAAN