Pembinaan Pola Substansi Terhadap Dinamika Sosial (PLASTIS) 2018

Pembinaan Pola Substansi Terhadap Dinamika Sosial  yang selanjutnya disingkat PLASTIS merupakan usaha nyata HMS FT-UH dalam bentuk sosialisasi tentang dunia kemahasiswaan secara umum dan kondisi kemahasiwaan secara khusus di Departemen Teknik Sipil yang diharapkan mampu mengantarkan setiap personel mahasiswa sipil dalam memahami dan memaknai nilai-nilai kemahasiswaan. Oleh karna itu, pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat berjalan secara terprogram, terpadu, dan terarah, untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Maka dari itu, diharapkan dari spirit perjuangan nilai rasional-ilmiah ini akan melahirkan gerakan luhur mahasiswa terkhusus kepada anggota HMS FT-UH  bagi pembangunan masyarakat era kontemporer.

Pembinaan Pola Substansi Terhadap Dinamika Sosial (PLASTIS) 2018 adalah kegiatan yang bertujuan sebagai wadah transformasi idealisme kemahasiswaan HMS FT-UH. PLASTIS juga merupakan suatu kegiatan sistematis dengan orientasi pada pengenalan nilai-nilai kelembagaan maupun akademik secara universal untuk mencapai tujuan yang esensial pada proses pengkaderan.

PLASTIS diharapkan mampu mentransformasikan nilai-nilai kemahasiswaan sebagai hal yang mendukung kehidupan berlembaga, bermasyarakat, dan bernegara kepada mahasiswa sehingga  dapat menjalankan peran dan fungsinya seperti yang seharusnya.

Pembinaan Pola Substansi Terhadap Dinamika Sosial yang kemudian disingkat menjadi PLASTIS 2018 dilaksanakan pada tanggal Minggu, 16 September 2018 bertempat di Lecture Theathre 2 Gedung CSA Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin yang berada di Kabupaten Gowa.

Tahapan pelaksanaan PLASTIS merupakan puncak kegiatan sosialaisasi kelembagaan dan almamater di lingkup HMS FT-UH. Pada tahapan ini dilakukan pemberian materi yang mengarah pada kemampuan untuk memahami kondisi HMS FT-UH sebagai organisasi kemahasiswaan tingkat Departemen di Universitas Hasanuddin. Metode pelaksanaan yang dilakukan pada fase ini yaitu para peserta berada dalam suatu forum besar dan pemateri memberikan materi sesuai dengan matriks acara yang telah direncanakan.


Target yang akan dicapai dalam pelaksanaan PLASTIS adalah :

  • Peserta dapat memahami dan memiliki pengetahuan tentang aspek keilmuan, budaya, dan organisasi kemahasiswaan beserta komponennya.
  • Terbentuknya karakter peserta baik secara personal maupun kelompok sebagai bekal untuk menjalani dinamika kemahasiswaan.
  • Terpupuknya rasa kepekaan akan rasa tanggung jawab terhadap lembaga kemahasiswaan.

Peran Pembinaan Orientasi dan Sosialisasi sangat signifikan sebagai faktor elementer proses perkenalan, sosialisasi, dan rekruitmen anggota di lingkup HMS FT-UH. Oleh karenanya proaktif, konsistensi, komitmen, dan tanggung jawab dari setiap komponen pendukung sangat diharapkan untuk memberikan kontribusinya secara optimal. Karena hal tersebut dapat teraplikasikan dengan baik, maka niscaya kaderisasi akan berjalan sesuai apa yang diharapkan dan dicita-citakan.

Akhirnya, semoga Pembinaan Orientasi dan Sosialisasi melalui aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik mampu menjadi momentum melahirkan mahasiswa yang memiliki rasa loyalitas terhadap lembaga dan nantinya mampu menjadi ujung tombak dalam pembangunan dan kehidupan masyarakat.