Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (DTS FT-UH) bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (HMS FT-UH) melalui Departemen Diklat Profesi dan Keilmuan menyelenggarakan kegiatan Dialog Akademik sebagai wadah antara pihak birokrasi departemen dengan lembaga kemahasiswaan untuk membahas mengenai beberapa hal terkait isu dan aturan tertentu. Dialog Akademik seharusnya menjadi agenda rutin yang dilakukan di tiap tahun ajaran baru, namun beberapa waktu yang lalu kegiatan ini sempat vakum dan baru dilaksanakan kembali pada tahun ini.

Dialog akademik pada tahun ini digelar pada Rabu, 10 Februari 2021 pukul 10.00 WITA. Kegiatan ini diadakan dengan metode semi daring dimana pusat kontrol berada di Ruang Sidang, Lantai 2 Gedung Sipil FT-UH dan secara daring melalui platform zoom. Beberapa pihak yang sempat hadir di lokasi luring secara langsung adalah dari ketua departemen teknik sipil FT-UH, sekretaris departemen teknik sipil FT-UH, sekretaris kemahasiswaan departemen teknik sipil FT-UH, dan jajaran pengurus HMS FT-UH periode 2020/2021 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku demi mencegah penyebaran covid-19.

Acara dimulai dengan sambutan hangat dari Prof. Dr. Ir. Muh. Wihardi Tjaronge, S.T., M.Eng. selaku ketua departemen teknik sipil FT-UH sekaligus membuka kegiatan Dialog Akademik secara resmi. Adapun agenda yang dibahas pada dialog akademik ini, yaitu:

  1. Sosialisasi Perkuliahan Daring Semester Akhir 2020/2021
  2. Sosialisasi Draf Revisi Kurikulum 2020
  3. Kebijakan Praktikum Lab di Masa Pandemi Covid-19
  4. Sosialisasi Learning Outcome Assesment (LOA) System
  5. Sosialisasi Merdeka Belajar Program SASRABAHU
  6. Hal Lain yang Dianggap Perlu

Materi-materi dipaparkan secara jelas oleh para dosen senior di DTS FT-UH, yakni Ibu Dr. Eng. Rita Irmawaty, S.T., M.T., Bapak Dr. M. Asad Abdurrahman, S.T., M.Eng., Bapak Dr. Eng. Bambang Bakri, S.T., M.T., dan Bapak Dr.Eng. Ir. Muhammad Isran Ramli, S.T., M.T. selaku sekretaris departemen teknik sipil FT-UH. Kegiatan dialog akademik berlangsung interaktif dengan adanya sesi tanya jawab antara mahasiswa dan pemateri yang dipandu oleh sekretaris kemahasiswaan departemen teknik sipil FT-UH, Bapak Dr. Eng. Fakhruddin, ST. M.Eng., selaku moderator.

Dengan adanya dialog akademik ini, diharapkan hubungan antara pihak departemen dan mahasiswa dapat berjalan dengan baik dengan menjunjung tinggi transparasi untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman di kemudian hari. Dialog akademik ini juga selain menjadi saran penyosialisasian isu-isu dan aturan terkait program akademik yang berlaku di lingkup DTS FT-UH, namun juga menjadi ajang menyampaikan aspirasi dari mahasiswa terkait penyelenggaraan kehidupan kampus baik akademik maupun non akademik.

Dialog akademik ini juga dirangkaikan dengan launching akun resmi DTS FT-UH, yakni:

  • Kanal Youtube: Teknik Sipil Unhas
  • Facebook: Teknik Sipil Unhas
  • Instagram:@tekniksipil.unhas

Tags:

Comments are closed