BINCANG LITERASI #2; Menjadi Generasi Digital Natives Yang Paham Akan Literasi Digital

Perkembangan teknologi informasi secara pesat menuntut kita untuk memiliki kemampuan dasar berkaitan dengan konsep digital itu sendiri. Kemampuan mencari sumber informasi yang bisa dipertanggungjawabkan menjadi sangat penting ditengah percepatan teknologi digital saat ini. Dalam kontek literasi digital, setiap orang memerlukan kemampuan untuk bisa mengakses, menganalis, mencipta, melakukan refleksi, dan bertindak menggunakan beraneka ragam perangkat digital, dan strategi dalam komunikasi.

Yang terjadi saat ini, banyaknya jumlah pengguna Internet di Indonesia serta tingginya frekuensi mengakses konten informasi dan media sosial, tidak serta-merta menjamin ‘kedewasaan’ masyarakat Indonesia dalam menggunakan Internet. Selain itu berbagai kasus penyalahgunaan Internet juga marak, mulai dari internet fraud, adiksi atau kecanduan, pelanggaran privasi, hingga yang paling banyak dijumpai adalah meluasnya hoaks. Jika ditelusuri lebih lanjut, sejumlah kasus tersebut bermuara pada satu hal, yaitu rendahnya literasi digital masyarakat Indonesia.

Untuk menghadapi tantangan literasi digital saat ini, Kelompok Khusus Perpustakaan HMS FT-UH melaksanakan kegiatan bincang literasi yang bertemakan “Menjadi Generasi Digital Natives yang Paham Akan Literasi Digital”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Kamis, 19 Januari 2023 di salah satu ruangan yang ada di Gedung Classroom. Melalui kegiatan ini, Mahasiswa khususnya Anggota HMS FT-UH diharapkan mengetahui dampak/tantangan dari literasi digital serta mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan literasi digital dengan baik

 

Categories:

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *