CIVIL GUIDANCE – SKETCH UP #3

Seperti yang dikatakan Menteri Pendidikan Indonesia, Nadiem Makarim “Kita harus menciptakan lingkungan pola pembelajaran di mana soft skill yang paling banyak dibutuhkan dan harus dilatih. Bukan konten yang penting, tapi bagaimana caranya. Kreativitas dan seni itu adalah jiwa entrepreneurship. Apapun yang ingin kita ciptakan itu harus dilatih dari kecil”. Merujuk perkatan menteri pendidikan, mahasiswa diharapkan khususnya mahasiswa dengan disiplin ilmu teknik sipil mampu memvisualisasikan konstruksi baik secara 2D maupun 3D, menganalisis tegangan dan regangan akibat gaya internal dan eksternal, dan merancang struktur-struktur sederhana dengan bahan beton, baja, kayu, komposit serta bahan lainnya. Melihat juga perkembangan ilmu saat ini yang terus berkembang dan sudah memasuki era digitalisasi 5.0 sehingga pentingnya bagi mahasiswa saat ini untuk menguasai aplikasi yang digunakan dalam pengembangan ilmu dari disiplin ilmu yang sedang dijalani.

Pada materi ketiga, berisi tentang pengoperasian aplikasi SketchUp yang di berikan langsung oleh pemateri. Pemateri memberikan bimbingan terkait pengoperasian tools-tools dari yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya, pada materi ketiga ini pemateri memberikan denah 2D yang kemudian dibuatkan ke dalam bentuk 3D dengan menggunakan aplikasi SketchUp. Pada materi ketiga ini, pemteri juga mengajarkan terkait tools-tools lanjutan dari aplikasi SketchUp

Civil Guidance sesi ketiga ini telah dilaksanakan dengan materi “Pengoperasian Aplikasi SketchUp” yang dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2023 13.30 WITA secara luring yang dibawakan oleh Ilham Paturusi (C’20).

Categories:

Tags:

Comments are closed